HomeОбразованиеRelated VideosMore From: SB30 Health

Apakah Makan Micin Bikin Bodoh ?

3507 ratings | 126403 views
Sobat sehat, banyak yang membahas bahwa micin/MSG tidak baik untuk kesehatan, tidak baik untuk otak, dan dapat membuat anak-anak menjadi bodoh. Di Amerika, hal ini sangat populer dan menjadi “kontroversi”. Bahkan di Indonesia pun ada yang disebut “Generasi Micin”. Tetapi, disini saya akan membahas apakah itu fakta atau mitos? Temukan jawabannya di video ini! Semoga Bermanfaat & Sehat Selalu ya Sobat Sehat ------------------------------------------------------ Instagram http://instagram.com/tanyadrsung Dapatkan Tips Lainnya di Website : http://www.sb30.tv ---------------------------------------------------- For Business Inquiries : successbefore30team@gmail.com
Html code for embedding videos on your blog
Text Comments (567)
Iis Fitriati (17 hours ago)
Mksh dokter atas penjelasanya
Pete Berg (19 hours ago)
Tapi dok, kenapa abis makan micin saya agak lemot, terutama dalam motorik. Tadi saya makan micin, dan coba main piano. Saya jadi gk bisa lagu2 yg cepat. Berarti kan micin memperlambat otak untuk sementara? Oh iya. Efek serupa juga sama dengan jika saya makan snack2 lain seperti richeese nabati. Otak langsung lemot.
paula rahabav (1 day ago)
Makasih dok...😊 waduuuh....aku bener2 bahagia denger berita ini..karna takut banget pakai MSG
Eva Dharma (4 days ago)
klo mkn micin nya satu kilo y bs ad efek samping sih, seumur2 ak dr dlu mkan mknan yg mngandung micin alhamdulillah g knp2 sih, y mgkn untuk yg mmpnyai kronologi pnyakit yg srius sih yg dlrang mkn yg mngndung MSG, bs kmungkinan bakalan ad efek yg srius, tp sy alhamdulillah sehat walafiat, y jgn smpai ada pantrangan makan apapn yg bs dmkn 😊 soalnya yg ak tw y, biasanya pnyakit timbul dr sugesti qt, cntohnya qt takut neh kena pnyakit jantung, n akhrnya sugesti itu jd trz memicu pikiran qt, smpe gbs tdur, jd dbQn stress, nah dr situ klo stres kan jd merambah kmn2, bkn krn micin, kadang yg idupnya tllau higienis, mlah cndrung lbh rawan kena penyakit yah
Heriyanti Novia (5 days ago)
Orang jepang masak pake micin tapi pinter2 ko...
Hydragon Movech (7 days ago)
Terima kasih dok info nya
Umayah Umayah (7 days ago)
Maaf dok...ada beberapa restoran yg makanannya terasa banget micinnya mulut jd terasa kering...bangun tidur pagi badan terasa tidak enak...tp kalau pesan tanpa micin makanannya tak enak mulut jg tak kering...bangun pagipun jg tak sakit...apakah terlalu banyak micin efek sampingnya seperti itu dokter...mohon pencerahannya dokter
Rafis Sry (14 days ago)
Makasih DR nfonya manfat video ini
official orange punch (16 days ago)
Yang bikin bodoh ya hp lahh
Anggrek Martini (20 days ago)
Ya shearing apapun boleh saja , mau konsumsi atau tidak kembali ke masing masing , kalo orang sering sakit"" mungkin kekurangan gizi atau asupan makanan lain. Terimakasih atas infonya
Selvi edogawa (20 days ago)
yes ... guru saya juga bilang glutamat ga bisa menembus sawar darah otak, jadi sebenernya ga ada korelasi antara konsumsi micin sama kebodohan
Video Unik (21 days ago)
Generasi micin yg di pahami Dokter dan yg di maksud ABG itu beda... micin dokter dan micin ABG itu beda...
Samudera Cinta (21 days ago)
Generasi micin artinya kebanyakan makan krupuk sama mi instant...
Nining Nerhawati (25 days ago)
😍😍😍😍
Lasmian Sihombing (27 days ago)
Gak teu aku,,, masalahnya semua masakan baik sayur atau lauk gak ada rasanya bagi ku tanpa ajinomoto alias hambar,,,, selengkap apapun bumbunya,,, sudah keharusan make walau cuma se ujung 2 sendok , baru kena rasanya dan kayaknya aku sehat 2 aja dan gak bodoh juga,,,,
aulia citra (1 month ago)
Dokternya ramah banget
Muniah Muniah (1 month ago)
tampa micin ga slera makan posisi saya di cina
Ival Rendi (1 month ago)
Saya salah sangka tentang micin dipikir micin bikin bodoh
Sam Sung (1 month ago)
Micim membuat anak menjadi anak kids jaman now 😎😎😎😎😎😎😎😎😎😎😎
Mantapp dok, terima kasih infonya Salam sehat De Nature Indonesia Untuk informasi & konsultasi pengobatan herpes 👇 Telp : 081390007699 Bbm: DDE24754 W.A  : 085714989816
妹小 (1 month ago)
y kalo makan micin habis sekilo y bodoh bangetttt namanya...😀😀😀 tp kl cuma buat bumbu y bikin enak.smua mkanan mngandung micin...bodoh kok micin yg d salahin ...😁😁
samir. tirta (1 month ago)
ahli independe pun selagi dia makan dan hidup mewah , pasti aman2 aja ,ahli itu sering ,apakah setiap dia makan ,ada MSG nya ,kita kan gk tau ,
Clara's World (1 month ago)
Kadang masakan kurang sedap tanpa msg walau hanya sedikit sekali karena takut juga resikonya tapi setelah ada penjelasanya jadi tenang
with love (1 month ago)
dibodohin merk yah .. ada yg tau micin itu nama merk ?
Arifsila Riyanto (1 month ago)
Arif di jawa timur... Selamat siang dok... Bagaimana cara mengobati penyakit struke secara alami....
Buah Gaming (1 month ago)
setau saya cina di indonesia jarang yg makan micin
AFR 505 (1 month ago)
Dok saya mau tanya kenapa saya susah konsentrasi dan sering lupa. kira2 apa ya penyebabnya.
Maylee Hartanto (1 month ago)
mungkin harus diganti jadi generasi cireng ya dok..
cucu So (1 month ago)
Ada dokter yang nyamil micin temen ku kuliah dulu lol bangey
Falentina Arna (1 month ago)
Makasih dok vidiox
Hansen Xiao (1 month ago)
Oplas ngaku digebukin, yang disalahin Setan !! Otak bodoh krn malas belajar, yang disalahin Micin !! Welcome to wkwkwkw land...
Ote_ Ote (1 month ago)
saking bodoh nya sampai menyalahkan micin 😂😂
PakePas Store (1 month ago)
Keren dok kontennya.. saya senang sekali dengan pemuda kreatif dgn konten educatif seperti dokter terimakasih
Hanifah Niput (1 month ago)
Tuch dengerkan ank" jmn now....kalo pakek micin gpp,kalo gk pakek micin makanan gk enak...gk sedap
Muhammad Nur (1 month ago)
Terbaik Yang Aku lihat Dan Aku dengar
阮 氏绒 (1 month ago)
mksh pak Dokter
kartika agustina (1 month ago)
saya makan micin tetep pinter kok (LOL), tpi kalo berlebihan rambutku agak rontok, aneh ya....
Mansyur Arifin (1 month ago)
Trmksh pk doktr sya tdk hwtr lg dg MSG
Bayu Darmawan (2 months ago)
Setiap ngomong "msg" gw denger nya "smg" :v
Tukang Kompor (2 months ago)
Dokter saya mau tanya, apa benar split bisa membuat keperawanan terbuka?
Evi Nuralfiyadi (2 months ago)
Terimakasih dok atas ilmunyaaa🙌
Desi Enantia (2 months ago)
yg sering bilang bocah micin biasanya suka share hal yg berbau hoax tanpa ditelusuri dahulu, sampe baca artikel pembodohan ttg micin langsung dipercaya 😏
suny imram (2 months ago)
boleh gk.penderita kanker konsumsi micin dokter ,,, mohon infox tks
Rena Rena (2 months ago)
Klo brlebihan ya iya g baik..apa" klo brlebihan psti g baik.
Susi Queen (2 months ago)
Makasih atas penjelasanya Dokter,.. Semoga Dokter sekeluarga selalu diberi kesehatan dan umur panjang,...
Aziz gopal (2 months ago)
Dari dulu saya penikmat micin, setiap Kali nyambel juga, kalo gak dikasi micin rasanya kurang sedap,,, adanya generasi micin itu ya semenjak Ada kemunculan, setatus alay lebay Disosmed akirnya merka terkena virusnya.
Felixs Te Klein (2 months ago)
kalau dasar bodoh nggak makan micin juga tetap bodoh
Danny Bagus (2 months ago)
tanpa micin makanan gak enak,😂😂😂😂
Riyu Cucmey (2 months ago)
klo emg membodohkan knapa djual? yg bkin bdoh itu narkoba dan maen game.
project timur (3 months ago)
Aduh bang saya subscribe dari channel Abang masih 50.000 subscribe bang
Nanda Rianda (3 months ago)
Ajinomoto Itu micin juga ya ?
Theresia Ana (3 months ago)
Puji tuhan ada dr yg baik dr sung yg mau berbagi ilmunya tq dr sung krn suami saya jagonya ajinomoto masakan dia yg tahu tdk pakai micin skrg lega masalah micin ini gbu dr sung
anya fernanda (3 months ago)
Saya suka dari kecil Menurut saya biasa biasa saja
Areef Hartan (3 months ago)
kenapa org berfikir gula dan garam it lebih aman .. ketimbang msg, padahal sm sm menimbulkan resiko penyakit .. gula diabet, garem hipertensi .... tp micin yg di salahin ...,
DzakyOktaryan (3 months ago)
Dok,Ada YouTuber yang makan micin satu bungkus
Wi Marry ya (3 months ago)
siapa ?
Kim Mi Lo (3 months ago)
Orang Jepang pun tak Sudi lagi makan micin
dylan karua (3 months ago)
Thanks sharing nya doc...oya doc apa benar klau makan 2 biji telur ayam stiap hari baik buat tubuh badan
Arumi Arumi (3 months ago)
Sudah dibilang micin aman masih ngeyel..tu dengerin pakek telinga..yng bilang generasi micin tu yang bodoh..
Nur Laila (3 months ago)
Kalau bodoh ya bodoh aja jangan salahin micin, lu bodoh karna males belajar kok 😂😂
Edhy Cahyo (3 months ago)
Kakean micin umor
Velin Angraini (3 months ago)
Jadi kalo ada orang2 yg bully Kamu teriakin generasi micin.. mestinya bangga dan senang..😂
hasan taufiki (3 months ago)
Yg bikin bodoh bkn micinnya,tpi orangnya😂
Jauhar Alaudinsyah (3 months ago)
Tidak sepatutnya kita selalu menyalahkan "benda mati"
Elfvereins Sylf (3 months ago)
Terima kasih dok.. akhirnya gua bisa tidur nyenyak setelah sekian lama mencari jawaban..
AbI GAiL Sh (3 months ago)
Thanks doctor, ,,.
Indah novantiyy (3 months ago)
Veryy good informationnn
Ari (3 months ago)
Tergantung dari bahan makanan yg dicampur dengan MSG dok, MSG punya manfaat lain yaitu merangsang tubuh untuk mempercepat proses penyerapan nutrisi dalam makanan, ini bisa menjadi pisau bermata dua, karna kalau bahan makanan yg dicampur MSG tidak baik maka tubuh juga akan mengalami efek sperti mual dan pusing2, tapi kalau bahan makanan berkualitas baik maka akan baik juga untuk tubuh. Nah di indonesia seperti yg kita tahu bahan makananya tidak begitu baik terutama makanan kaki lima atau yg pinggir jalan. Jadi ya wajar saja yg habis makan bakso, mi ayam, atau gorengan kadang mengeluh pusing dan menyalahkan MSG, padahal yg salah sebenarnya bahan makanan dan proses pembuatanya, contoh saja minyak goreng yg digunakan sudah mengandung banyak racun sampai berwarna coklat/hitam.
Ahmad Pono (3 months ago)
Hemmm....
Naufal Hafidz (3 months ago)
Kalau gak mau punya resiko, gak usah hidup. 😅👌
Akasa Sayidina (3 months ago)
Mksh dok
miron kmui (3 months ago)
Thx pal dokter Tuhan berkati maju terus
Eroy Saputra (3 months ago)
Temn gw dikampung ngemil micin dan royco setiap hari tp koq dia malah rengking disekolah bukannya bodoh malahan itu bocah pintar konsumsi begituan dan sekarang tu bocah kuliah dan mendptkn beasiswa sekarang ini
Anak Rantauprapat (3 months ago)
Bahaya penyedap rasa bagi ibu hamil https://m.youtube.com/watch?v=SJImFMY1TGw
video gokil gokil (3 months ago)
Bukan micin msg dok.. micin sabu" yang bikin bodoh
Anita Sukaesih (3 months ago)
Makasih ya dok saya tau mana sehat dan mna yng engga buat anak
Anita Sukaesih (3 months ago)
Jadi tau
Dony Sugianto (3 months ago)
Terima kasih micin
Ayu Manis (3 months ago)
TERIMKASIH BNYAK DOKTER SUNG..SMOGA SELALU SEHAT DAN SELALU DALAM LINDUNGAN ALLAH SWT..AMIIN ALLAH HUMA AMIIN👍👍👍👍😘😘😘😘😍😍😍
andri jaya (3 months ago)
terimakasih atas infonya, oia saya mau nanya katanya kandungan garam di micin lebih rendah dari garam biasa dan bagi penderita darah tinggi (katanya) lebihh direkomendasikan menggunakan micin yang lebih banyak buat meminimalisir penggunaan garam biasa. terimakasih
Lukas Walmas (3 months ago)
Selamat siang Dok.saya sering juga masak menggunakan micin tapi ketika saya makan sayur yang ada micinnya kok daya berpikir saya jadi menurun. Itu apa penyebabnya Dok
Azwar Muharram (3 months ago)
wkwkwwk gimana cara ngukurnya?
arima Kousei (4 months ago)
Pak kukinai tgl lahirnya sama ama gua... tapi gak ada hubnya juga sih 😂😂😂
Anisa NISCAYA (4 months ago)
makasih dok .Ada yg ngomong klo mkn micin katanya gk baik .skrg aq dh gk tkut lgi klo msak di kasih micin .
Rismalia Putry23 (4 months ago)
Mkasih dokterku smga tuhan sllu.memberkatimu.amiiinx3yarobb
racha cha (4 months ago)
Menurut saya salah satu alasan kenapa muncul anggapan micin menyebabkan kebodohan adalah karena rasa enak yg di timbulkan micin menyebabkan orang lebih mengutamakan makanan yg enak di bandingkan makanan yg sehat. Sampai sampai muncul budaya kulineran, seakan akan kita hidup untuk makan bukan makan untuk hidup, benar kan?
Ginanjar Utomo (4 months ago)
FINALLY SOMEONE EXPLAINING THIS IN BAHASA INDONESIA
dimas faturrahman (4 months ago)
Bedanya sama kaldu bubuk (masako, royco) apa ya?,, Lebih baik MSG atau kaldu bubuk? Karna ada yg bilang mending pakai kaldu bubuk dr pda micin
Reza Januar (4 months ago)
dok kalo makan msg jadi suka radang tenggorokan?
Es Doger (4 months ago)
Bodoh faktor x
sutini sutini (4 months ago)
Trimakasih dokter Sung
Santai Aja (4 months ago)
tu dngr. mkn micin mlh mkin pintar janji rjin bljr
Lefina Sugiarto (4 months ago)
Bodoh si eggak dok,tp ktnya buat kanker ,sumber penyakit ktnya,bener gak si?next jelasin lg ya dok ttg hub kanker dan micin,krn sy sdh lama ganti Kaldu jamur alias TOTOLE yg lbh sehat 😄😄😄
hmm pantes dulu pernah makan micin satu sendok muntah (micin doang)
Rendyova Ova (4 months ago)
Otak nya emg uda bodoh dari sononya. Jangan nyalahin micin
santi santiarema (4 months ago)
dokter makasih infonya
Jia Nian Sun (4 months ago)
Tanya donk...kulit saya belakangan ini kalau di gigit nyamuk sembuhnya lama sekali....padahal dulu jarang di gigit nyamuk
fuad maulidi (4 months ago)
Mantap dok , saya bisa belajar kesehatan diyoutube
Silvestrey RaW (4 months ago)
Generasi micin yg suka gado micin wkwkwkkw
riris alisk (4 months ago)
Alhamdulillah😊🙏🙏🙏mksih informasinya
Kariagi (4 months ago)
Dari video ini kita bisa tau bahwa micin berasal dari mobile legend
pitandgo 52 (4 months ago)
Ya udah nnti masak pake ingus atau upil aja,gratis lg
Vian Wh (4 months ago)
Hanya Orang bodoh yang bilang "Micin bikin bodoh" Micin itu bumbu masak

Would you like to comment?

Join YouTube for a free account, or sign in if you are already a member.